Blog ini berisi info pendidikan, tidak diperkenankan tampilan iklan dewasa. Silakan Baca Postingan baru 2024 tentang judul-judul penelitian mahasiswa dan masalah penelitian. Dilarang Keras Mengkopi Paste Artikel dalam Blog ini tanpa izin pemilik blog. Bila Anda mengkopi paste, saya akan laporkan ke DMCA dan blog Anda dapat dihapus.Copi paste dapat diketahui melalui www.google.co.id/. Selamat Paskah 2024. Imanuel

Sponsor

Sponsor

Thursday, August 13, 2020

Contoh Bab II Skripsi dan Tesis Efektivitas Mengajar di New Era

 

BAB II

KAJIAN TEORITIS-TEOLOGIS

A.    Pengertian Efektivitas Pembelajaran Agama Kristen

Efektivitas Pembelajaran Pendidikan Agama Kristen diartikan sebagai usaha mencapai hasil pembejaran yang terwujud dalam diri peserta didik. Hasil pembelajaran Pendidikan Agama Kristen adalah proses perubahan yang terjadi dalam diri peserta didik sesuai tujuan yang telah ditetapkan dalam materi ajar Pendidikan Agama Kristen.

Baca Bab I juga : Contoh Bab I Skripsi dan Tesis Pendidikan Agama Kristen

Perubahan dalam pembelajaran meliputi perubahan kognitif, afektif dan psikomotorik dalam diri peserta didik. Misalnya bila guru Pendidikan Agama Kristen merumuskan tujuan Pendidikan Agama Kristen adalah perubahan dalam kemampuan menganalisis (Kognitif) dan menerapkan materi yang dipelajari dalam kehidupan sehari-hari (Aspek psikomotorik dan afektif) maka tujuan pembelajaran telah tercapai. Dikatakan demikian karena efektivitas pembelajaran Pendidikan Agama Kristen yaitu ketercapaian peserta didik pada tujuan pembelajaran yang telah disampaikan oleh guru sebelum megajar.

Dengan demikian, efektivitas adalah usaha mencapai tujuan yang telah ditetapkan. Bila tercapai tujuan yang telah ditetapkan maka pendidikan Agama Kristen disebut sebagai pendidikan yang efektif dalam diri peserta didik.

 

Jadi, efektivitas adalah ketercapaian tujuan pembelajaran. Itulah sebabnya seorang guru mesti mampu merumuskan tujuan pembelajaran secara tepat. Perumusan tujuan Pembelajaran Pendidikan Agama Kristen hendaknya memperhatikan penggunaan kata kerja operasionla yang sesuai dengan tiga ranah yaitu kognitif, afektif dan psikomotorik.

Seorang guru dapat menggunakan 2 kata kerja operasional dalam merumuskan tujuan pembelajaran. Tujuan pembelajaran yaitu kemampuan yang diharapkan diwujukan dalam diri peserta didik setelah melakukan sejumlah kegiatan pembelajaran bersama guru maupun secara mandiri.

 

B.      Efektivitas Pembelajaran Pendidikan Agama Kristen di Era New Normal

 

Pembelajaran dalam beberapa bulan terakhir ini yaitu bulan Juni, Juli bahkan AGustus, para pendidik Kristen sering memilih beberapa media seperti media video conference untuk mengajar secara online. Memang benar tetapi penggunaan kata ini tidak terlalu tepat. Penggunaan video dalam pembelajaran adalah bagian dari penggunaan media pembelajaran. Setiap teknologi video conference memiliki kekurangan dan kelebihan. Oleh karena itu pengguna hendaknya secara operasional memilih video call dan video conference yang dapat dipakai untuk kegiatan mengajar.  
Teknologi yang dipilih diusahakan agar tidak terlalu sulit bahwa membutuhkan biaya yang besar untuk memakainya. Cukup menggunakan tenaga-tenaga yang ada untuk pengembangan diri dalam hal sumber daya dan dana.

No comments:

Post a Comment

Note: Only a member of this blog may post a comment.