Blog ini berisi info pendidikan, tidak diperkenankan tampilan iklan dewasa. Silakan Baca Postingan baru 2024 tentang judul-judul penelitian mahasiswa dan masalah penelitian. Dilarang Keras Mengkopi Paste Artikel dalam Blog ini tanpa izin pemilik blog. Bila Anda mengkopi paste, saya akan laporkan ke DMCA dan blog Anda dapat dihapus.Copi paste dapat diketahui melalui www.google.co.id/. Selamat Paskah 2024. Imanuel

Sponsor

Sponsor

Saturday, June 18, 2016

Tinggalkan Pola Lama mendisiplinkan peserta didik

Bagi mahasiswa jurusan Pendidikan Keguruan yang sedang mencari masalah penelitian maka informasi berikut ini layak Anda pertimbangkan untuk menjadi salah satu variabel penelitian. Anda bisa menjadikan sebagai variabel bebas atau variabel utama penelitian. Ingat teori masalah penelitian, yaitu masalah penelitian adalah perbedaan antara harapan dan kenyataan.Harapannya yakni dengan cara mendisiplinkan anak agar anak menjadi baik tetapi cara mendisiplinkan anak (peserta didik) juga dapat mendatangkan akibat hukum bagi seorang pendidik.Oleh karena itu maka perlu memperhatikan cara mendisiplinkan peserta didik. Berikut ini saya sampaikan apa yang saya temukan dalam informasi koran. Mudah-mudahan dapat dijadikan sebagai sebuah variabel penelitian.
Beberapa waktu lalu, saya membeli dua koran dengan tujuan untuk mengikuti informasi tentang Copa Amerika dan Piala Eropa di Prancis. Dua koran yang saya maksud yaitu Kompas dan Harian Terbit. Pada waktu saya memasuki halaman 9 dari koran Harian Terbit, saya menemukan berita ini: “Guru Diminta Tanggalkan Pola Lama Disiplinkan Murid”. Saya penasaran dengan judul itu, kemudian berusaha membaca berita tersebut mulai dari kolom 1-5 halaman 9 dari koran Harian Terbit. Inti beritanya yakni: seorang guru diduga mendisiplinkan anak dengan cara mencubit muridnya pada saat mengajar. Kemudian ada pula guru yang memaksa memotong rambut siswa SMA. Sang siswa tersebut menolak ketika hendak digunting rambut akibatnya tergores lengan sang siswa.
Kasus pertama, sang orangtua melapor kepada pihak berwajib, demikian juga kasus kedua, sang orangtua melapor kepada pihak yang berwajib akibatnya sang guru harus masuk tahanan. Bagi mahasiswa jurusan Pendidikan yang sedang mencari masalah penelitian dapat menjadikan berita koran Harian Terbit Selasa tanggal, 14 Juni 2016 pada halam 9 kolom 1-5 untuk dijadikan sebagai variabel penelitian. Berdasarkan informasi dalam koran tersebut menjadi jelas bahwa masalah yang muncul adalah metode mendisiplinkan murid/siswa/peserta didik. Bila salah metode mendisiplinkan anak maka akan berujung pada hukum. Oleh karena itu metode disiplin yang dipakai guru juga harus disesuaikan dengan tuntutan zaman dan peraturan-peraturan yang berlaku.
Biasanya metode mendisiplinkan siswa yang dikategorikan pola lama yaitu dengan cara mencubit. Sayapun dulu dicubit oleh seorang guru sampai membiru di paha. Ada pula yang dengan cara memukul dengan rotan atau kayu. Ini biasanya terjadi di kampung. Mudah-mudahan tidak ada lagi model mendisiplinkan siswa dengan cara lama.
Selamat mengembangkan dalam penelitian ilmiah sehingga menghasilkan teori yang berguna untuk kepentingan pendidikan dalam mendisiplinkan anak dengan pola yang bermartabat. JAdi variaberi yang dirumuskan yakni: POLA MENDISIPLINKAN PESERTA DIDIK

No comments:

Post a Comment

Note: Only a member of this blog may post a comment.