Blog ini berisi info pendidikan, tidak diperkenankan tampilan iklan dewasa. Silakan Baca Postingan baru 2024 tentang judul-judul penelitian mahasiswa dan masalah penelitian. Dilarang Keras Mengkopi Paste Artikel dalam Blog ini tanpa izin pemilik blog. Bila Anda mengkopi paste, saya akan laporkan ke DMCA dan blog Anda dapat dihapus.Copi paste dapat diketahui melalui www.google.co.id/. Selamat Paskah 2024. Imanuel

Sponsor

Sponsor

Friday, April 22, 2016

Cara membuat definisi konseptual dan definisi operasional

Definisi Konseptual dan Definisi operasional serta dimensi dan indikator. Definisi operasional adalah definisi peneliti yang terinspirasi dari kajian teori per variabel, atau dengan kata lain, setelah kita menguraikan variabel yang kita teliti berdasarkan berbagai teori (buku-buku yang kita baca) tentang variabel yang kita teliti maka pada akhir pembahasan kita harus membuat definisi menurut kita. Definisi yang kita buat berdasarkan kejelasan teori yang sudah dikemukakan. Selanjutnya kita membuat definisi operasional. Definisi operasional yang kita buat tinggal kopi paste definisi konseptual kemudian diakhir definisi konseptual kita tambahkan dimensi dan indikator empiris.
Contoh
Judul: Hubungan leadership unlimited terhadap kesetiaan pelayanan. Dalam judul ini kita dapati ada dua variabel, 1 Variabel bebas dan 1 Variabel terikat. Variabel bebas yaitu leadership unlimited, dan Variabel Terikat yaitu Kesetiaan Pelayanan Gembala Sidang. Berdasarkan judul ini kita mulai mencari buku untuk membahas secara teoritis leadership unlimited dan pelayanan Pertumbuhan Gereja Secara Kualitatif.
BAB II
Kajian Teoritis, 

Kerangka Berpikir dan Hipotesis A. Kajian Teoritis. a. Leadership unlimited. 1. Pengertian Leadership unlimited. 2. Prinsip Leadership unlimited. 3. Manfaat Leadership unlimited. 4. Dst (intinya pembagian yang kita buat sudah menjelaskan secara utuh tentang variabel yang kita teliti). b. Pelayanan Pertumbuhan Gereja secara Kualitatif. 1. Pengertian Pelayanan Pertumbuhan Gereja secara kualitatif. 2. Faktor-faktor Pertumbuhan Gereja secara Kualitatif. 3. Pertumbuhan Gereja secara Kualitatif. 4. Dst (intinya pembagian yang kita buat untuk variabel terikat sudah mewakili pembahasan kita tentang Variabel terikat. Bila belum maka masih bisa ditambah beberapa poin)
Definisi Konseptual:
Leadership unlimited adalah penilaian gembala sidang terhadap praktik melepaskan kuasa Kristus yang tidak terbatas itu melalui pelayanan seorang gembala sidang.
Definisi operasional:
Leadership unlimited adalah penilaian gembala sidang terhadap praktik melepaskan kuasa Kristus yang tidak terbatas itu melalui pelayanan seorang gembala sidang dengan dimensi faktor-faktor pertumbuhan gereja secara kualitatif dengan indikator: bergantung pada kuasa Roh Kudus, integritas diri dalam pelayanan, kepercayaan pada kuasa firman Allah; dismensi pertumbuhan gereja secara kualitatif dengan indikator jemaat setia beribadah pada hari Minggu, Setia membaca Alkitab, menjaga kekudusan hidup. Dalam contoh di atas, hanya dikemukakan 3 indikator dari dimensi faktor pertumbuhan gereja dan pertumbuhan gereja secara kualitatif. Berdasarkan indikator tersebut di atas, kita membuat pernyataan atau pertanyaan untuk dijadikan sebagai quesioner untuk disebar dalam tempat penelitian kita. Semoga penjelasan ini menolong pemahaman tentang cara membuat definisi konseptual dan operasioan di Bab III

No comments:

Post a Comment

Note: Only a member of this blog may post a comment.