Blog ini berisi info pendidikan, tidak diperkenankan tampilan iklan dewasa. Silakan Baca Postingan baru 2024 tentang judul-judul penelitian mahasiswa dan masalah penelitian. Dilarang Keras Mengkopi Paste Artikel dalam Blog ini tanpa izin pemilik blog. Bila Anda mengkopi paste, saya akan laporkan ke DMCA dan blog Anda dapat dihapus.Copi paste dapat diketahui melalui www.google.co.id/. Selamat Paskah 2024. Imanuel

Sponsor

Sponsor

Saturday, July 20, 2019

Implementasi Blended Learning dalam Pembelajaran PAK

Bagi anda yang mau meneliti variabel penelitian yaitu "Blended Learning dan Kepuasan Belajar Pendidikan Agama Kristen maka Anda dapat menjadikannya sebagai sebuah variabel dengan rumusan sbb:

Pengaruh Implementasi Blended Learning Terhadap Kepuasan Belajar Pendidikan Agama Kristen di SD/SMP/SMA/STT/Universitas ....





BAB I
PENDAHULUAN

A. Masalah Penelitian

Guru Pendidikan Agama Kristen dalam melaksanakan proses pembelajaran Pendidikan Agama Kristen di satuan pendidikan maupun di perguuruan tinggi, lebih banyak berada pada zona nyaman. Belum banyak yang berusaha menerapkan metode pembelajaran seperti metode pembelajaran masa depan yang disebut dengan "Blended Learning". Guru PAK lebih banyak menggunakan metode Ibadah Gereja Protestan yaitu pusat perhatian dalam ibadah terfokus pada pendeta, jarang seperti metode pentakosta yaitu ibadah yang berfokus pada jemaat yaitu semua jemaat mengambil bagian dalam ibadah.
Selain itu, guru PAK lebih banyak melakukan pembelajaran tatap muka dan belum berusaha untuk menerapkan pembelajaran online atau memadukan pembelajaran tatap muka dan pembelajaran online. Untuk pembelajaran online, guru harus memiliki sumber pembelajaran online, paling tidak guru memiliki blog atau situs yang didalamnya telah berisi bahan ajar yang hendak disampaikan kepada peserta didik. Sedikit sekali guru dan dosen yang berkreasi memanfaatkan blog sebagai bahan ajar. Salah satu pendidik yang menggunakan blog sebagai bahan ajar online yakni yonas muanley. Beliau punya beberapa bahan ajar online seperti:

1. Bahan Ajar online Filsafat Ilmu
2. Bahan Ajar Online PAK Majemuk
3. Bahan Ajar Online Filsafat Ajar Apologetika
4. Bahan Ajar Online Sejarah Gereja Umum
5. Bahan Ajar Onliene Sejarah Gereja Asia
6. Bahan Ajar Online Sejarah Gereja Indonesia
7. Bahan Ajar Online Liturgi
8. Bahan Ajar Online Entrepreneur
9. UTS dan UAS Online
10. Bahan Ajar Online Metodologi Penelitian
11. Bahan Ajar Online Kolokium Riset Kualitatif

Silakan cari di google degan nama mata kuliah tersebut di atas, pasti ditemukan.

Dengan blog yang dibuat oleh saudara Yonas Muanley, beliau dapat melaksanakan pembelajaran online. Dengan demikian pembelajaran blended Learning dapat dilakukan oleh Yonas Muanley. Kabarnya semester ini, Agustus sampai Desember 2019 dan seterusnya beliau akan mengadakan pembelajaran dengan metode "Blended Learning".

Syarat Pembelajaran Blended Learning, yaitu:
1. Tatap muka
2. Stui Mandiri
3. Pembelajaran Online melalui situs atau web sekolah atau paling bagus website guru/website dosen. Bila tidak punya situs berbayar maka guru atau dosen dapat menggunakan free weblog seperti yang dilakukan oleh Yonas Muanley dengan sejumlah blog bahan ajar online yang bertebaran di internet.

Untuk Blended Learning, anda dapat mempelajari secara mandiri melalui universitas yang melaksanakan program "Blended Learning". Ada universitas umum maupun universitas Kristen yang telah mengadakan kuliah BL (Blended Learning.)


No comments:

Post a Comment

Note: Only a member of this blog may post a comment.