Blog ini berisi info pendidikan, tidak diperkenankan tampilan iklan dewasa. Silakan Baca Postingan baru 2024 tentang judul-judul penelitian mahasiswa dan masalah penelitian. Dilarang Keras Mengkopi Paste Artikel dalam Blog ini tanpa izin pemilik blog. Bila Anda mengkopi paste, saya akan laporkan ke DMCA dan blog Anda dapat dihapus.Copi paste dapat diketahui melalui www.google.co.id/. Selamat Paskah 2024. Imanuel

Sponsor

Sponsor

Tuesday, February 23, 2016

Keberhasilan Proses Pembelajaran PAK

Salah satu keberhasilan dalam proses pembelajaran yakni tersedianya guru yang profesioan. Guru mempunyai peran yang sangat penting dalam keberhasilan proses pembelajaran. Dalam konteks ini, tugas guru semakin kompleks. Seorang guru Agama Kristen memerlukan sebuah dorongan yang menopang suksesnya pengajaran. Dorongan itu yakni adanya sejumlah motivasi dalam menangani proses pembelajaran. Motivasi itu mempengaruhi penguasaan materi yang akan diajarkan dan juga kemampuan dalam menyampaikan materi pelajaran.

Motivasi diartikan sebagai dorongan yang mempengaruhi diri seseorang secara sadar atau tidak sadar untuk melakukan suatu tindakan dengan tujuan tertentu. Dalam hal ini bila seorang guru memiliki motivaasi yang jelas dalam mengajar maka proses pembelajaran akan dilakukan dengan sukses pula. Pemahaman yang benar dalam memahami tugas mengajar akan menjadi bahan penting dalam kesuksesasn mengajar.

Namun kenyataannya ada peserta didik tidak dapat mengikuti proses pembelajaran dengan baik, peserta didik merasa jenuh, metode mengajar guru monoton. Diduga guru guru agama Kristen mengajar hanya menggunakan satu metode yaitu metode ceramah yaitu menyampaikan informasi dan pengetahuan secara lisan dari guru kepada sejumlah siswa yang pada umumnya mengikuti secara pasif. Metode ini sifatnya menolong, guru menyampaikan pelajaran dan murid hanya menyimak sambil mencatat. Padahal ada begitu banyak metode yang kalau diterapkan pada waktu mengajar, akan membuat peserta didik lebih mudah menyerap pelajaran yang disampaikan. Guru PAK jarang menggunakan metode yang berfariasi. Akibatnya proses pembelajaran berlangsung secara membosankan. Upaya seorang guru PAK sangat berpengaruh dalam proses pembelajaran bagi peserta didik menyangkut kepercayaan kepada Tuhan Yesus sebagai Juruselamat pribadi.

Pendidikan agama Kristen dalam ruang lingkup sekolah Dasar, menengah dan Perguruan Tinggi. PAK diajarkan bukan sebatas pengetahuan tetapi menghidupi dalam kehidupan nyata dengan kata lain berpengaruh bai pertumbuhan iman para remaja untuk mencapai hasil dalam proses pembelajaran yang baik.

Jadi, guru berperan penting dalam keberhasilan proses pembelajaran Pendidikan Agama Kristen di suatu lembaga pendidikan.

No comments:

Post a Comment

Note: Only a member of this blog may post a comment.