Blog ini berisi info pendidikan, tidak diperkenankan tampilan iklan dewasa. Silakan Baca Postingan baru 2024 tentang judul-judul penelitian mahasiswa dan masalah penelitian. Dilarang Keras Mengkopi Paste Artikel dalam Blog ini tanpa izin pemilik blog. Bila Anda mengkopi paste, saya akan laporkan ke DMCA dan blog Anda dapat dihapus.Copi paste dapat diketahui melalui www.google.co.id/. Selamat Paskah 2024. Imanuel

Sponsor

Sponsor

Monday, April 25, 2016

Pemanfaatan Free Weblog Sebagai Bahan Ajar Online Pendidikan Agama Kristen

Postingan ini merupakan variabel bebas ke 4 (X4) dari penelitian disertasi Yonas Muanley. Untuk keperluan postingan ini maka saya sederhanakan. Penyederhanaan ini dimaksudkan untuk tidak membosankan pengunjung blog dalam berinteraksi dengan isi postingan yang terlampau panjang. Berdasarkan pemahaman ini saya masuk dalam pembahasan singkat tentang judul postingan di atas. Zaman Yesus dan zaman kini berbeda, teknologi pada zaman Yesus dengan teknologi pada zaman kini berbeda. Yesus pada waktu melaksanakan tugas mengajar tidak mengabaikan teknologi, walaupun teknologinya sederhana yaitu perahu. Yesus memakai perahu untuk mengajar. Yesus Kristus diutus oleh Bapa untuk misi menyelamatan manusia berdosa. Dalam menjalankan tugas misi itu, Yesus menempuhnya dengan mengajar. Yesus memanggil murid-murid-Nya yang pertama dengan memperkenalkan tujuan instruksional pengajaran, yaitu “mampu menjadi penjala manusia” (Mat. 4: 19…). Berdasarkan tujuan instruksional itu, Yesus juga memilih setting instruksional, seperti memilih bahan instruksional (misalnya ucapan atau isi bahagia yang disampaikan melalui khotbah Yesus di Bukit) tempat instruksional (misalnya mengajar di bukit), menggunakan media instruksional, yaitu Yesus mengajar orang banyak di atas perahu(Luk. 5:3), melakukan doa instruksional (salah satunya adalah doa Bapa Kami), dan aspek lain yang berkaitan dengan mengajar. Berdasarkan informasi awal ini jelas menunjukkan bahwa ada disain instruksional pengajaran dengan berbagai komponen yang menunjang untuk tercapai tujuan instrusional yang telah Yesus tetapkan seperti dalam Injil Matius 4:19. Salah satu komponen yang Yesus pakai untuk mencapai tujuan instruksional adalah media instruksional, khususnya pada peristiwa Yesus mengajar orang banyak dari atas perahu. Perahu hanyalah sebuah media atau alat untuk menyampaikan informasi (pengajaran). Pada media yang sama, murid-murid-Nya dapat memakainya untuk menangkap ikan. Jadi, satu media dapat dipakai untuk banyak tujuan instruksional. Hal yang menarik penulis untuk mengadakan penelitian ini, yakni perkembangan alat teknologi pada zaman Yesus dengan zaman sekarang tentunya sangat berbeda. Bila pada zaman dulu, Yesus memilih perahu untuk mengajar orang banyak maka sekarang ada banyak fasilitas teknologi, mulai dari sederhana sampai teknologi informasi canggih, khususnya internet dengan berbagai fasilitas yang tersedia pada internet untuk kepentingan informasi. Perkembangan ilmu dan teknologi yang merupakan hasil dari pendidikan terhadap manusia muda, membawa dampak perubahan yang sangat besar, salah satunya adalah ditemukannya internet oleh Departemen Pertahanan Amerika pada tahun 1969..Penemuan ini membawa perkembangan baru. Sejak ditemukan internet, internet hanya terbatas pada negara-negara tertentu dan untuk bidang-bidang tertentu. Akan tetapi sesuai perkembangan zaman maka internet mulai dibutuhkan di berbagai bidang kehidupan manusia. Salah satunya yaitu dalam dunia Pendidikan. Internet merupakan koneksi antara satu komputer dengan komputer lain di seluruh dunia. Komputer yang tersambung dengan jaringan yang ada sudah melebihi 1.000 komputer. Pada tahun 1987, jumlah computer yang tersambung ke jaringan melonjak 10 kali lipat menjadi 10.000 lebih. Pada tahun 1988, jarko Oikarinen dari Finlandia menemukan dan memperkenalkan IRC (Internet Relay Chat). Tahun 1989 jumlah computer yang saling berhubungan kembali melonjak 10 kali lipat, sehingga diperkirakan pada tahun 1989, sudah tercapai 100.000 komputer yang saling terhubung atau membentuk jaringan. Tahun 1990 merupakan tahun yang bersejarah, yaitu ketika Tim Berners Lee menemukan program editor dan browser yang bisa menjelajah antara satu computer dengan computer lainnya, yang membentuk jaringan itu. Program ini kemudian disebut www (world wide web). Pada tahun 1992, computer yang saling tersambung membentuk jaringan sudah melampaui sejuta computer dan di tahun yang sama muncul istilah surving the internet. Tahun 1994, situs internet telah berkembang menjadi 3.000 alamat halaman dan untuk pertama kalinya virtual-shopping atau e-retail muncul di internet. Dunia langsung berubah. Di tahun 1994, Yahoo! Didirikan, yang juga sekaligus kelahiran Netscape Navigator 1.0 Perkembangan Tehnologi Informasi dan Internet sebagaimana yang dimaksud di atas, membuat masyarakat tidak dibatasi oleh jarak antara dua orang atau lebih yang ingin berkomunikasi secara langsung, hal ini disebabkan karena salah satu fungsi internet adalah untuk menghilangkan jarak antara dua orang atau lebih yang ingin berkomunikasi secara langsung secara online. Orang dapat berkomunikasi dari satu Negara ke Negara lain yang jaraknya terlampau jauh tetapi dapat diatasi melalui internet. Berkomunikasi di telepon bisa saja dilakukan antara satu dengan lain melalui jarak yang jauh tetapi membutuhkan biaya yang sangat mahal, internet mengatasi kendala tersebut. 

Bila dikatakan internet mengatasi factor hambatan jarak antara satu individu dengan yang lainnya maka hal ini dapat dimungkinkan karena internet memiliki fasilitas-fasilitas berkomunikasi seperti: electronic mail (e-mail), discussion group, maling list (milis), newsgroups, FTP (file transfer protocol), Telnet, Gopher, dan world wide web (www). Bagian terakhir ini akan menjadi focus pembahasan penulis dalam disertasi. World wide web adalah layanan internet yang paling banyak dikenal orang dan perkembangan teknologinya paling cepat. Layanan ini menggunakan link hypertext yang disebut hyperlink untuk merujuk dan mengambil halaman-halaman web dari server. Halaman web baik yang profesional maupun Free dapat digunakan untuk menyimpan suara, gambar, animasi, teks, dan yang kemudian dapat diakses secara online. Akses itu terlaksana karena adanya skrip halaman web atau program html. Dalam web tersebut kita kenal istilah world wide web. Aplikasi dari world wide web adalah domain (alamat web) dan hosting (tempat meletakkan produk yang berupa informasi dalam bentuk teks, gambar, suara) yang berbayar dan gratis. Bagian yang terakhir ini seperti: www.blogspot.com, www.wordpress.com, www.multiply.com dan lain-lain. Fasilitas internet yang terakhir ini memberi peluang yang sangat besar dalam komunikasi di dunia pendidikan atau dalam proses pembelajaran, khususnya penyediaan layanan weblog atau blog berbayar maupun yang gratis, seperti: www.blogger.com (blogspot.com), www.wordpress.com dapat dipakai untuk proses pembelajaran. Di dunia pendidikan umum sudah banyak yang memanfaatkan untuk kepentingan proses pembelajaran setiap mata kuliah. Di perguruan tinggi mulai dikenal blog dosen, baik yang dikelola oleh lembaga (fakultas) maupun oleh pribadi dosen. Perkembangan yang lebih signifikan adalah ternyata guru-guru di SMA atau SMK telah memiliki blog yang dikelola untuk mata pelajaran yang diasuh. Fakta ini (paparan di atas) tidak diikuti oleh warga pembelajar, khususnya para dosen dan mahasiswa Sekolah Tinggi Teologi. Para dosen Teologi, baik yang di bidang Teologi maupun Pendidikan Agama Kristen sedikit yang memiliki blog, demikian pula mahasiswa Teologi. Kalaupun ada, jarang ada yang merancang blog gratis seperti Blogspot dan wordpress sebagai media instruksional. Oleh karena itu maka perlu dibahas memanfaatkan blog gratis sebagai media instruksional pembelajaran untuk setiap mata kuliah yang diasuh oleh dosen di Sekolah Teologi. Memang benar bahwa internet ketika ditemukan dan dalam perkembangannya hanya terbatas pemakaiannya oleh orang-orang dari golongan menengah ke atas dan perusahan-perusahan besar. Akan tetapi seiring perkembangan tehnologi informasi yang semakin canggih (era revolusi internet) mempengaruhi perkembangan internet ke seluruh pelosok dunia, mulai dari perkotaan sampai pedesaan, perkembangan internet yang demikian pesat dan canggih tentu menguntungkan masyarakat. Seiring dengan itu, terjadi persaingan tehnologi informasi dari perusahan-perusahan besar, khususnya tehnologi informasi seperti Komputer, Laptop, notebook, netbook, hp-hp murah dan lain sebagainya yang merupakan produk-produk dari perusahan-perusahan besar, seperti produk Cina dan Korea membuat masyarakat semakin diuntungkan, karena tehnologi informasi yang dulunya mahal sekarang menjadi semakin terjangkau oleh masyarakat kalangan ekonomi menengah kebawah . Perkembangan teknologi yang demikian semakin lama semakin membawa pada persaingan harga, harga berbagai teknologi informasi seperti lap top, notebook, netbook, hp mulai relative murah. Perangkat tehnologi informatika seperti computer, pocket pc, notebook, netbook, dan telepon selular yang semuanya bisa digunakan untuk browsing internet dengan mudah. Dengan demikian internet bukan lagi sebagai barang mewah, melainkan sebuah kebutuhan yang bagi sebagian orang sudah keharusan. Tidak heran perkembangan demikian membuat internet dijadikan sebagai media yang sangat potensial untuk berbisnis, sarana media pendidikan dan lain-lain. Hal ini membuat penulis surving di internet untuk mencari seberapa banyak dosen teologi, baik jurusan teologi maupun pendidikan agama Kristen yang memiliki blog yang dipakai untuk proses pembelajaran, ternyata hasilnya tidak terlalu banyak. Kalaupun ada, isi blognya tidak diatur dalam format disain isntruksional yang menjadikan weblog atau blog yang dikelola sebagai media instruksional pengajaran. Padahal di blog terdapat banyak peluang untuk disain instruksional pengajaran, khususnya untuk mata kuliah yang diasuh. Tidak hanya untuk tujuan instruksional pengajaran tetapi tujuan instruksional lembaga pendidikanpun dapat disampaikan dalam blog. Blog sangat efektif dan efisien untuk dijadikan sebagai media instruksional pengajaran. Dikatakan demikian karena weblog atau blog adalah salah satu fasilitas internet. Sebagai bagian dari fasilitas internet maka isi blog memiliki jangkauan yang sangat luas atau mendunia. Perkembangan blog yang sedemikian pesat mesti dipergunakan secara baik untuk pendidikan Kristen. Kini koneksi internet sudah mulai diterapkan dalam pendidikan, yaitu ada koneksi dari satu computer ke computer lain yang berada di dunia yang terkoneksi dengan dunia pendidikan. Itu berarti fasilitas internet dipakai untuk kebutuhan pendidikan. Dalam dunia pendidikan tidak dapat mengabaikan komunikasi, komunikasi demikian dapat diwujudkan melalui internet. Perwujudan sebagaimana yang dimaksud di atas dapat tercapai karena internet. Internet adalah kumpulan dari jutaan computer di seluruh dunia yang terkoneksi satu sama lainnya. Media koneksi yang digunakan bisa melalui sambungan telepon, serat optic (fiber optic), kabel koaksial (coaxial cable), satelit, atau dengan koneksi wireless. Ketika Anda log on (terhubung) dengan internet, Anda diberikan hak akses ke computer lain di seluruh dunia yang terhubung juga dengan internet. Dengan kemajuan tehnologi yang semakin pesat, internet dapat diakses dengan koneksi wireless dari handheld PC atau dari sebuah computer notebook. Setelah terhubung dengan internet, Anda dapat mengirim dan menerima e-mail (surat elektornik), chatting dengan media teks atau suara, berselancar (surfing) di world wide web, atau hal-hal lain dengan suatu software aplikasi tertentu. Penjelasan di atas menegaskan bahwa internet memerlukan perangkat-perangkat seperti: computer, Satelit dan lain-lain yang saling terkoneksi. Dengan demikian kemajuan teknologi Informasi (kemajuan berbagai merek computer sampai pada netbook), persaingan perusahan-perusahan dalam tehnologi informasi yang canggih menyebabkan persaingan harga dari terbatas terjangkau menjadi terjangkau oleh semua pihak. Perangkat tehnologi informatika seperti: computer, pocket pc, notebook, netbook, dan telepon seluler yang semuanya bisa digunakan untuk browsing internet dengan mudah, membuat masyarakat semakin dimanjakan. Sehingga saat ini internet bukan lagi sebagai barang mewah, melainkan sebuah kebutuhan yang bagi sebagian orang adalah suatu keharusan. Tak heran lagi internet dijadikan tempat yang sangat potensial untuk berbagai kegiatan, seperti: berbisnis (bisnis online), pendidikan (pendidikan online), dan lain-lain. Salah satu fungsi internet adalah untuk menghilangkan jarak antara dua orang atau lebih yang ingin bersosialisasi secara langsung. Kita ingin tulisan kita dibaca oleh orang banyak di berbagai tempat (dunia), melalui bukupun bisa tapi sangat terbatas, internet mengatasi kesulitan tersebut. Punya email namun hanya dipakai untuk facebook, berkirim surat dll. Ada banyak fasilitas gratis di internet, seperti weblog dll. Tersedianya weblog gratis, seperti blogspot, wordpress, multiply. Blogspot dalam praktik penggunaannya sangat mudah. Dengan kemudahan dalam penggunaan dan pengelolaan, membuat blog (blogspot) lebih banyak diminati para penulis dibandingkan dengan website lainnya. Semakin banyak orang mengunjungi blog dan mengapreasi tulisan Anda secara positif, Anda akan semakin dikenal khalayak ramai. Secara umum, blog memiliki cirri sebagai berikut:

1. Isi utama biasanya berupa informasi yang bersifat kronologis dan terbagi menjadi beberapa kategori 2. Terdapat arsip untuk berita atau informasi lama 3. Ada tempat buat orang lain meninggalkan pesan atau memberi komentar 4. Biasanya terdapat link ke web/blog favorit atau yang sering dikunjungi, yang disebut blogroll
Membuat blog tidak harus menyewa domain atau hosting. Seorang dosen bisa memanfaatkan penyedia layanan blog, seperti: blogspot, wordpress, multiply. Blogger atau yang lebih dikenal dengan sebutan blogspot merupakan salah satu layanan blog gratis yang popular saat ini. Dalam penggunaan blogspot, dikenal Istilah Blogger dan Blogspot, kedua istilah ini sama saja, istilah blogger digunakan untuk membuat akun, membuat artikel, memodifikasi tampilan, dan lain-lain. Bisa dibilang, blogger sebagai halaman administratornya, sedangkan blogspot alamat url dari blog yang kita buat. Misalnya, http://yonas-muanley.blogspot.com Penggunaan Blog sebagai media jurnal pribadi online oleh semua kalangan membuatnya semakin popular, ditambah dukungan penyedia layanan Blog popular Blogger.com. Diperkirakan pengguna blog di Indonesia menempati peringkat antara 3-4. Hal menunjukkan budaya NgeBlog sudah tidak asing lagi di Indonesia. Walaupun demikian sedikit sekali dosen teologi yang memakai weblog untuk dijadikan sebagai media pembelajaran untuk mata kuliah yang diasuhnya. Padahal bahan kuliah dapat dimuat secara online di blog. Terlebih lagi dosen dapat menjadikan blog sebagai papan tulis online, buku online, bahan ajar online. Namun kenyataannya tidak banyak dosen teologi yang menulis di blog. Khususnya memanfaatkan blog sebagai media instruksional pengajaran dan menjadikannya sebagai multimedia untuk pengajaran sehingga terjadi pembelajaran yang menyenangkan (pembelajaran yang menyapa belahan otak kiri dan kanan) peserta didik. Penggunaan media pembelajaran memungkinkan hal tersebut. Pengalaman dalam proses pembelajaran menunjukkan bahwa ketersediaan media dan pemanfaatannya sangat terbatas. Media yang sering digunakan adalah media cetak seperti: diktat, modul, hand out, buku teks, bahan ajar, majalah, surat kabar, dan sebagainya. Dan didukung oleh alat bantu sederhana yang masih dipergunakan seperti: papan tulis, whiteboard, kapur tulis/spidol. Sedangkan media audio, siaran TV/Radio, overhead transparency, video/film, dan media elektronik (computer, internet, khususnya blog) masih belum secara intensif dimanfaatkan untuk kepentingan pembelajaran. Selain masalah di atas, fakta menunjukkan bahwa setiap dosen dan mahasiswa punya email namun hanya dipakai untuk facebook, berkirim surat dll. Sedikit yang memakai email untuk membuka account weblog gratis. Sekaligus belajar memanfaatkan teknologi internet, khususnya halaman-halaman website sebagai media eksistensi dosen. Ada banyak fasilitas gratis di internet, seperti weblog dll. Tersedianya weblog gratis, seperti blogspot, wordpress, multiply, dapat dipakai untuk hal-hal yang bermanfaat. Salah satunya adalah dapat dipakai oleh dosen untuk mengonlinekan bahan kuliahnya, silabus, RPP dan kontrak pembelajaran, dll. Blogspot dalam praktik penggunaannya sangat mudah. Dengan kemudahan dalam penggunaan dan pengelolaan, membuat blog (blogspot) lebih banyak diminati para penulis dibandingkan dengan website lainnya. Membuat blog tidak harus menyewa domain atau hosting. Anda bisa memanfaatkan penyedia layanan blog, seperti: blogspot, wordpress, multiply. Blogger atau yang lebih dikenal dengan sebutan blogspot merupakan salah satu layanan blog gratis yang popular saat ini. Dalam penggunaan blogspot, dikenal Istilah Blogger dan Blogspot, kedua istilah ini sama saja, istilah blogger digunakan untuk membuat akun, membuat artikel, memodifikasi tampilan, dan lain-lain. Bisa dibilang, blogger sebagai halaman administratornya, sedangkan blogspot alamat url dari blog yang kita buat. Misalnya, http://yonas-muanley.blogspot.com Blog merupakan jurnal pribadi seseorang yang berisi tulisan-tulisan yang dimuat sebagai posting, tulisan-tulisan tersebut bisa berupa gagasan, ide bahkan sesuatu yang pernah dilakukan oleh pemilik blog tersebut. Seiring dengan berkembangnya dunia jaringan internet membuat tehnologi tak terdiam begitu saja, penggunaan jaringan internet dari tahun ke tahun semakin bertambah pesat mendorong tehnologi tersebut melangkah seperti roket. Penggunaan Blog sebagai media jurnal pribadi online oleh semua kalangan membuatnya semakin popular, ditambah dukungan penyedia layanan Blog popular Blogger.com. Cara memanfaatkan weblog sebagai bahan ajar online atau media pembelajaran/sumber pembelajaran teologi dan pendidikan agama Kristen. Ada beberapa pilihan, menjadi blogger (orang yang memanfaatkan blog untuk berbagai keperluan) yaitu: (1) tingkat pemula, (2) tingkat menengah, (3) tingkat mahir. Berdasarkan riset sederhana di internet dengan memakai google, blogspot (blogger) memiliki peringkat terbaik di mesin pencari google dan peringkat berikutnya adalah wordpress. Artinya bila seorang dosen memanfaatkan blogspot untuk memposting bahan ajarnya maka dalam beberapa waktu cepat sekali terindeks oleh google dan dibaca oleh banyak orang di seluruh dunia. Di atas telah ditegaskan bahwa dalam menggunakan free weblog seperti Blogspot.com dan wordpress.com, ada kategorinya yaitu mulai dari pemula sampai pada tingkat mahil dalam memanfaatkan blog. Untuk dosen teologi bisa dimulai dari tingkat pemula. Menjadi Tingkat Pemula dalam memakai blog Blogger.Com. Syaratnya sebagai berikut.
a. Punya email/membuat email
1. Yahoo
2. Ymail
3. Gmail
b.Pengertian Blog
c. Membuat Blog
d. Membuat Entri (Posting Materi Kuliah)
e. Tampilan Blog
a. Template blog
b. Template Dinamis
c. Template dari pihak ketiga (Blogger)
c. Membuat Tombol Navigasi untuk:
a. Silabus
b. Tugas
c. Sistem Penilaian
d. Kontak dengan dosen
e. Standar Kompetensi
f. Kompetensi Dasar
g. Indikator
h. dll (sesuai kebutuhan)
Contoh-contoh Pemanfaatan Free Weblog berbasis blogspot untuk bahan Ajar Online dengan sejumlah tugas. Contoh untuk Mahasiswa di STT .......

Jadi, dalam penelitian ini yang dimaksud dengan pemanfaatan free weblog adalah kemampuan dosen memanfaatkan blog gratis untuk mendukung tercapainya efektivitas proses pembelajaran dengan indicator:Blog Dosen (1) membuat blog, (2) menata blog, (3) memposting Standar Kompetensi dan (4) Kompetensi Dasar, (5) memposting bahan Ajar Secara Online, (4) Kontrak Pembelajaran, (5) silabus, (6) RPP/SAP, (6) membuat tombol navigasi, (7) tugas online (8) UTS Online (9) UAS online Blog Mahasiswa: Mahasiswa Paper Online/Makalah Online/Hasil Diskusi Online (Bahan ini adalah variabel Bebas atau X4 dari Disertasi Yonas Muanley). Mohon tidak dikopi paste.

No comments:

Post a Comment

Note: Only a member of this blog may post a comment.