Kita patut bersyukur karena ada orang seperti Elaine K. McEwan yang menaruh perhatian besar dalam pendidikan dan berusaha menghidupinya. Itulah sebabnya kita mendapat sebuah teori yang dipadukan dalam dua hal, yaitu kebenaran teoritikal dan kebenaran empiris. Oleh karena itulah dalam postingan ini saya beri judul Implementasi 10 karakter yang harus dimiliki Guru PAK yang sangat efektif dalam mewujudkan kesuksesan mengajar. 10 Karakter ini bukan teori saya dan Anda tetapi buah pemikiran dari Elaine.
Topik di atas merupakan pergumulan seorang pendidik yang bernama Elaine K. McEwan. Pengalaman itu dituangkan secara baik dan dapat dipelajari oleh setiap guru di Indonesia. Silakan Anda mencari buku dengan Judul: “10 Karakter yang Harus dimiliki Guru yang Sangat Efektif. Bagaimana Merekrut, Melatih dan Membimbing Para Guru yang Sukses”.
Saya mencoba membagikan kepada para pembaca tentang 10 Karakter Guru yang diimplementasikan kepada para pendidik dalam dunia Pendidikan Agama Kristen .
Kesepuluh karakter yang harus dimiliki Guru yang Sangat efektif, yaitu seorang Pendidik Agama Kristen memiliki sikap atau mulai membiasakan sikap-sikap positif (sikap unggul) berikut ini:
1. Bergairah dan terdorong misi
2. Positif dan riil3. Seorang guru pemimpin
4. Pengajaran yang membawa hasil
5. Menemukan gayanya sendiri
6. Keahlian motivasional
7. Efektivitas instruksional
8. Pemelajaran buku
9. Kecerdasan lapangan
10. Kehidupan mental
Seperti apa maksud dari setiap karakter di atas maka segeralah memiliki judul buku tersebut di atas. Carilah di Gramedia atau toko-toko buku terdekat. Buku ini sangat baik untuk para guru. Membaca isi buku ini membuat kita tergugah, dan boleh jadi meneteskan air mata. Sering orang mengajar sekadarnya saja. Ayo baca dan terapkan 10 karakter dalam mengajar
Bila Anda ingin meneliti dalam bentuk Skripsi, Tesis dan Disertasi dalam bidang Pendidikan AGama Kristen maka itu akan sangat baik. 10 Karakter tersebut di atas Anda dapat rumuskan menjadi Variabel Penelitian. Contoh Rumusan Variabel berdasarkan 10 Karakter tersebut di atas.
Skripsi:
1. HUBUNGAN KARAKTER BERGAIRAH DAN TERDORONG MISI TERHADAP KEBERHASILAN MENGELOLA PROSES PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA KRISTEN 2. PENGARUH KARAKTER BERGAIRAH DAN TERDORONG MISI TERHADAP KEBERHASILAN MENGELOLA PROSES PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA KRISTEN 3. PENGARUH KARAKTER POSITIF DAN RIIL TERHADAP KEBERHASILAN MENGAJAR DI SEKOLAH .....
TESIS (Rumusan 3 Variabel):
1. Karakter Guru Yang Bergairah dan terdorong misi Terhadap Prestasi Belajar
2. Karakter Guru PAK Yang Positif dan riil Terhadap Kualitas Pembelajaran
3. Karakter Guru PAK Yang Pengajarannya membawa hasil Terhadap Idola Peserta Didik
5. Menemukan gayanya sendiri
6. Karakter Keahlian motivasional dan Efektivitas instruksional Terhadap Kesuksesan Pengajaran
DISERTASI ( 5 Variabel):
Pengaruh Karakter Bergairah dan terdorong misi, Positif dan riil, guru pemimpin, Pengajaran yang membawa hasil Terhadap Kesuksesan Mengelola Proses Pembelajaran Pendidikan Agama Kristen
Judul-Judul Skripsi, Tesis dan Disertasi yang Bersifat Kualitatif (Bila Bab III Memakai Metode Kualitatif):
1. KETERLIBATAN GEREJA DALAM PENGAJARAN
2. MEMILIKI KARAKTER UNGGUL DI MASYARAKAT
3. SIKAP GEREJA TERHADAP LGBT
4. PERANAN PENDETA DALAM PENGAJARAN
5. PENGARUH PENGAJARAN GEREJA TERHADAP KUALITAS APOLOGETIKA ANGGOTA JEMAAT DI MASYARAKAT MAJEMUK
Masalahnya sering anggota jemaat tidak mampu menjelaskan konsep Allah Tritunggal kepada sesamanya/tetangganya tentang kepercayaan akan Allah Tritunggal
Orang Kristen tidak percaya tiga Allah tetapi satu Allah yang menyatakan karya-Nya dalam bentuk tiga pribadi, yaitu Bapa, Anak (Yesus Kristus), dan Roh Kudus. Cara berada-Nya sama-sama kekal, cara mewujudkan karya-Nya berbeda.
Semoga bermanfaat
Blog ini berisi edukasi. Segala promosi yang bersifat porno di luar tanggungjawab pemilik blog ini. Kerjasama melalui Publisher dalam konteks Edukasi
No comments:
Post a Comment
Note: Only a member of this blog may post a comment.