Blog ini berisi info pendidikan, tidak diperkenankan tampilan iklan dewasa. Silakan Baca Postingan baru 2024 tentang judul-judul penelitian mahasiswa dan masalah penelitian. Dilarang Keras Mengkopi Paste Artikel dalam Blog ini tanpa izin pemilik blog. Bila Anda mengkopi paste, saya akan laporkan ke DMCA dan blog Anda dapat dihapus.Copi paste dapat diketahui melalui www.google.co.id/. Selamat Paskah 2024. Imanuel

Sponsor

Sponsor

Friday, July 22, 2016

Masalah Penelitian tentang Globalisasi

BAB I
PENDAHULUAN

A. Latar Belakang Masalah

Warga Pendidikan Agama Kristen yang dalam konteks penelitian ini disebut Guru Pendidikan Agama Kristen dan siswa atau yang disebut dengan peserta didik beragama Kristen di sekolah formal yang bersifat sekolah negeri atau swasta merupakan bagian dari masyarakat umum yang sudah, sedang dan akan menghadapi suatu era yang disebut dengan era globalisasi.
Era globalisasi atau yang biasa disebut dengan era pasar bebas, merupakan suatu istilah yang tidak asing lagi. Robertson dalam Globalization: Social Theory and Global Culture (London, Sage: 1992) mendefinisikan globalisasi sebagai "the compression of the world into a single space and the intensification of conciousness the world as a whole". Globalisasi juga melahirkan global culture (which) is encompassing the world at the international level.
Jadi, globalisasi merupakan peluang dimana terjadi perdagangan bebas yang dapat peluang krativitas dan perkembangan perdagangang dunia yang disertai dengan pembangunan dengan sistem pengetahuan. Dampak positif dari globalisasi yakni perubahan sosial, yaitu perubahan pola komunikasi, teknologi, produksi dan konsumsi, paham internasionalisme yang tidak dapat dipisahkan dari nilai budaya secara internasional. Kondisi ini menguntungkan manusia dalam hal kesempatan kerjasama yang seluas-luasnya kepada negara-negara asing. Selain itu dampak negatif dari globalisasi yakni ketidak mampuan bersaing dengan bangsa-bangsa lain yang disebabkan karena sumber daya manusia lemah. Bila sumber daya lemah maka sumber daya negara lain akan membanjiri suatu bangsa, misalnya membanjirnya produksi dari negara lain sebagaimana yang terjadi di Indonesia.
Akibat dari globalisasi maka perusahan-perusahan besar dunia memasuki wilayah Indonesia, selain itu masuknya sekolah-sekolah unggulan di Indonesia dan lain-lain. Ini adalah dampak globalisasi. Dampak globalisasi ini lebih diuntungkan dengan kehadirian internet. Internet adalah terkoneksinya satu komputer dengan komputer lain di seluruh dunia memungkinkan setiap orang dapat berkomunikasi tanpa dibatasi jarak dan tempat. Dunia begitu dipersatukan dengan kehadiran internet. Maksud dipersatukan disini adalah kini jarak dan tempat tinggal bukanlah kendala untuk berkomunikasi. Internet memungkinkan orang dapat berkomunikasi dari satu wilayah ke wilayah lain, dari satu negara ke negara lain. Kehadiran internet itu pada satu sisi memberi dampak positif tetapi juga dampak negatif.
Memahami akan pengaruh era globalisasi yang demikian pesat maka siapapun manusia yang berada di bumi ini harus meningkatkan daya saing dan keunggulan kompetitif di semua sektor, baik sektor riil maupun moneter, dengan mengandalkan pada kemampuan Sumber Daya Manusia (SDM), teknologi, dan manajemen tanpa mengurangi keunggulan komparatif yang telah dimiliki bangsa Indonesia. Dalam konteks demikian seorang Guru Pendidikan Agama Kristen memiliki peranan yang besar menolong peserta didik menghadapi era globaliasi atau bagaimana Guru PAK berperan mempersiapkan peserta didik menghadapi era pasar bebas?.
Masalah yang terjadi yakni bagaimana memanfaatkan globalisasi, khususnya perdagangan bebas (kerja sama antar bangsa yang saling menguntungkan) dapat dimanfaatkan secara baik? Kerja sama dapat berwujud dalam hal pendidikan. Pendidikan mampu menghadapi perubahan zaman, khsususnya dalam teknologi globalisasi.
Era globalisasi telah membawa perubahan besar dalam berbagai aspek kehidupan umat manusaia. Perubahan-perubahan tersebut pada akhirnya juga membawa warga Pendidikan Agama Kristen yaitu guru dan peserta didik di manapun dan kapan pun ke dalam dunia persaingan yang ketat, baik dengan sesama guru Pendidikan Agama Kristen, sesama peserta didik, guru-guru agama-agama lain,peserta didik dari agama-agama non Kristen,sekularisme dan teknologi.
Dalam konteks kehidupan warga PAK, terjadi persaingan antar sekolah untuk mengembangkan dirinya dengan menawarkan berbagai varisasi metode pembelajaran, guru-guru Agama Kristen diperhadapkan dengan persaingan yang ketat, ada guru Agama Kristen yang mampu menghadapi era globaliasi dengan memanfaatkan berbagai kemajuan yang terjadi, disisi yang lain ada pula guru PAK yang tertinggal dalam perkembangan yang modern ini. Misalnya ada guru Agama Kristen yang mampu merancang pembelajaran agama Kristen secara online, memiliki fasilitas-fasilitas teknologi canggih seperti laptop, Ipad dan lain-lain, sementara yang lain sedang dalam proses. Pada akhirnya persaingan tersebut menimbulkan sikap saling mencurigai dan menyalahkan antar warga PAK, guru PAK di kota dan desa dan lain sebagainya.
Dalam konteks perkembangan era globaliasi demikian maka Guru PAK harus berperan mempersiapkan peserta didik di dalam menghadapi era globalisasi. Warga PAK tidak mungkin menghindari era globalisasikondisi persaingan seperti itu. Oleh karena itu Guru PAK memiliki peran untuk mempersiapkan peserta didik dalam menghadapi era globalisasi.

B. Identifikasi Masalah

Berdasarkan latar belakang masalah di atas maka diidentifikasi beberapa
masalah yang berhubungan dengan judul penelitian skripsi ini.

1. Apakah guru PAK dapat menghindari pengaruh era globaliasi?
2. Apakah siswa-siswi di SMP mampu menghadapi era globaliasi tanpa peran dari Guru PAK?
3. Apah peran Guru PAK dalam mempersiapkan peserta didik menghadapi era globalisasi?
4. Apakah pengaruh positif dari era globaliasi bagi peserta didik di SMP?
5. Apakah Pengaruh negatif dari era globaliasi bag peserta didik di SMP?
6. Apakah era globalisasi mempengaruhi persaingan antar sesama guru PAK?
7. Apakah era globaliasi mempengaruhi persaingan antara sesama siswa yang bergama Kristen, dan atau dengan sesama siswa yang bergama non Kristen?

D. Batasan Masalah

dst

No comments:

Post a Comment

Note: Only a member of this blog may post a comment.