Blog ini berisi info pendidikan, tidak diperkenankan tampilan iklan dewasa. Silakan Baca Postingan baru 2024 tentang judul-judul penelitian mahasiswa dan masalah penelitian. Dilarang Keras Mengkopi Paste Artikel dalam Blog ini tanpa izin pemilik blog. Bila Anda mengkopi paste, saya akan laporkan ke DMCA dan blog Anda dapat dihapus.Copi paste dapat diketahui melalui www.google.co.id/. Selamat Paskah 2024. Imanuel

Sponsor

Sponsor

Saturday, March 26, 2016

Berita Paskah 2016: Yesus yang disali dan Yesus yang bangkit

Tema Paskah 27 Maret 2016

Kebangkitan Yesus Kristus Memberi Kepastian Membawa Berita yang Kudus dan Tak Terbinasakan tentang Keselamatan yang Kekal Pokok Renungan

1. Menyongsong Yesus yang Bangkit dalam Tradisi (Mark. 16:1) Narasi Markus tentang Maria Magdalena dan Maria Ibu Yakobus serta Salome membeli rempah-rempah untuk pergi ke kubur dan meminyaki Yesus. Mereka pergi dengan persiapan sebagaimana tradisi mereka. Hanya saja mereka tidak mewujudkannya (meminyaki kaki Yesus) karena Yesus sudah bangkit. Walaupun begitu, patut dijempol karena mereka masih setia kepada Yesus. Berapa perempuan yang masih setia kepada Yesus.? Maria Magdalena dan Maria Ibu Yakobus sesuai namanya mereka masih membangun relasi dengan Yesus yang bangkit itu. Bukankah ada yang bernama Maria Magdalena yang sudah bergeser kepada keyakinan lain dan tidak lagi percaya kepada Yesus yang disalib dan bangkit itu. Kita berharap suatu saat mereka kembali kepada Yesus Kristus.

2. Siapa yang menolong kita? (Mark. 16:3)

Mereka bertanya siapa yang menolong menyingkirkan beban di depan yang tidak mampu di atasi dengan kekuatan mereka. Kebangkitan Yesus Kristus itu sangat cukup menolong mereka untuk mengatasi masalah yang ada di depan. Batu itu sudah terguling. Kebangkitan Yesus Kristus memberi jalan keluar atas masalah. Kristus mampu menggerakan orang lain untuk menolong mereka yang menghadapi masalah.

3. Mencari Yesus orang Nasaret yang disalibkan (Mark. 16:6)

Inilah keunikan. Para pengikut Yesus mengikut Yesus yang disalib, bukan Yesus yang mulus kulitnya, bukan Yesus yang hanya di ruang AC tetapi Yesus yang disalib (menderita). Kita tidak perlu malu mengikuti Yesus yang disalib. Sebaliknya kita tidak butuh Yesus yang hanya sekadar ngomong, Kita mengikuti Yesus yang bicara tetapi Yesus yang bertindak. Bicara yang disertai perbuatan.

4. Kubur yang tak sanggup menahan kebangkitan Yesus (Mark. 16:6)

Semua manusia sejak Adam dan Hawa sampai kini masih tidak berdaya mengatasi kubur, mereka tetap dikurung dalam kubur, tidak diizinkan keluar dari kubur, bolos dari kuburpun tidak termasuk absen dari kubur. Tetapi Yesus tidak demikian. Ia bangkit dari kubur. Jadi kita percaya pada Yesus yang disalib dan Yesus yang bangkit.

5. Pergilah dengan membawa pesan kemenangan (Mark. 16:7)

Kebangkitan Yesus Kristus memberi kepastian kepada para pengikut-Nya untuk “membawa berita yang kudus” dan tidak terbinasakan tentang keselamatan yang kekal. Kebutuhan manusia yaitu keselamatan yang kekal. Selamat disini dan selamat di sana. Kebangkitan Yesus itu mengkonfirmasi bahwa selamat adalah sebuah kepastian dan bukan mudah-mudahan. Sebelum saya berbuat baik Tuhan Yesus sudah menyelamatkan saya. Saya berbuat baik bukan untuk selamat tetapi membuktikan selamat itu dalam diri saya. Saya tidak berbuat baik untuk selamat. Saya berbuat baik karena sudah selamat.

Selamat Paskah. Untuk saudara-saudaraku di Indonesia, Australia, Singapura, Malaysia, Brunei Darusalam, Fietnam, Tiongkok, India, Banglades, Amerika Serikat, Kanada, Jerman, Inggris, Belanda, Italia, Prancis, Afrika, Palestina, Israel, Argentina, Uni Emirat Arab, Irak, Iran dan di mana saja sepanjang ada orang Kristen. Salam untuk semuanya.

Selamat Paskah.

Tuhan Yesus memberkati kita semua.

No comments:

Post a Comment

Note: Only a member of this blog may post a comment.